Rabu, 13 Januari 2010

ORANG KAYA YANG SEMAKIN KAYA

ORANG KAYA YANG SEMAKIN KAYA
by : Bhante Dip

Tak disangkal lagi, bahwa “kondisi kehidupan yang berbeda-beda dialami oleh setiap makhluk hidup adalah didapat bukan karena TANPA SEBAB….di antara nasib manusia yang tidak sama itu, saya bahkan mengenal beberapa orang yang kondisi hidupnya sudah seperti MAKHLUK SETENGAH DEWA….maksud saya adalah, orang yang berbahagia karena bergelimang kenikmatan hidup duniawi ini…luar biasa memang.

Saya pernah ditanya, “Bhante, KENAPA ORANG KAYA MALAH JADI SEMAKIN KAYA?”

Menalari fenomena ini sepertinya kita jangan terlalu naïf, dengan HANYA menganggap bahwa orang kaya adalah orang pilihan Nya, sehingga bisa dapat ‘berkah harta dari Nya’. Sekarang kita tengok, ada apa DIBALIK FENOMENA ITU….maksudnya? kalau jadi pilihanNya, lalu MENGAPA ada orang kaya yang masuk bui, dirampok, dibunuh, dan lain-lain. “iya, kenapa ya?..” hal itu NYATANYA bisa jadi disebabkan karena kesombongannya, kekikirannya, atau keserakahannya sendiri,…….jelas kan? Bahwa fenomena hidup kenapa orang jadi merasakan bahagia lalu menderita dengan silih berganti, ternyata hal itu sudah tidak ada kaitannya lagi dengan Dia...melainkan kondisi hidupnya itu (=nasibnya) KINI SUDAH ADA DI TANGANNYA SENDIRI.

Orang-orang kaya boleh menganggap kebahagiaan mereka adalah sebagai BERKAH…
Berkah yang telah diperjuangkan dengan keringat, air mata, darah, tekad, kemurahan hati, kedisiplinan, perhatian, kesabaran, ketenangan, dan kebijaksanaan…dimana semua perilaku luhur itu telah diperbuatnya di kehidupan-kehidupan lampau dan kini.
INTINYA, bersama KETEKUNAN yang luar biasa itu, di sana memang ada PENGORBANAN!!!

Saudaraku para hartawan, karena pengorbanan yang kita lakukan belum sempurna….tetaplah kita BERSYUKUR karena KITA TELAH MENJADI SEORANG MANUSIA DAN MENGENAL DHARMA…karena dengan terus bersyukur dan mengamalkan harta dalam kebaikan, maka kita pun akan semakin dekat dengan Pintu Kebuddhaan yang beberapa langkah segera kita masuki.

Mari kita terus berkahi kehidupan ini dengan terus menyempurnakan pengorbanan, serta tidak lengah oleh kenikmatan duniawi yang ‘mungkin’ saat ini sedang membuai. Setelah ber dana LANJUTKAN dengan ber Atidana – hingga kemudian bisa ber Mahatidana.

Pesan saya: “Jadilah orang kaya yang semakin kaya”…yaitu orang yang memiliki batin yang semakin baik dan semakin bijak. Semoga bermanfaat, tetap berjuang dan semangat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar