Senin, 28 Desember 2009

BELAJAR DARI PENGALAMAN

by : Bhante Dip

Telapak kaki ini pernah tertusuk oleh sebuah paku berukuran besar...saat itu dengan TANPA RAGU saya memilih segera pergi ke dokter untuk memohon disuntik anti tetanus...kenapa? karena pada saat saya merasakan sensasi sakitnya, saya LANGSUNG teringat pada salah seorang pekerja di rumah dulu yang juga mengalami kejadian yang sama, namun karena 'dia kalah oleh rasa takutnya sendiri manakala dia harus berobat ke dokter, maka pekerja kesayangan mama saya itu memilih untuk diurut saja.........wal'hasil, dua minggu kemudian karat yang ada pada paku itu telah menyebar pada pembuluh darah di tubuhnya , dan bang 'Dirja' pun meninggal dunia.

Saudara, sudah hampir setahun ini, saya sering mengunjungi Arama Maha Buddha, Pusat Pelatihan Meditasi yang sedang dibangun di Makassar....seperti yang sudah Anda ketahui, kondisi 'lapangan' yang masih berantakan menjadikan 'ranjau-ranjau paku' itu sangat rentan bisa mengenai kaki JIKA kita lengah tidak memperhatikan langkah kaki.

Ya benar, ADA BANYAK HAL YANG BISA MEMBUAT PERHATIAN KITA MENJADI LENGAH, seperti halnya yang dialami oleh seorang buruh yang tadi siang kakinya tertancap paku...lalu, dengan TANPA RAGU, saya angkat kakinya, saya bersihkan dan beri obat...sambil saya nasihati: "Uangnya gunakan untuk berobat ke dokter, jangan diurut nanti bisa meninggal!"

Akhirnya, apa yang ingin saya sampaikan dalam catatan ini?

Bersungguh-sungguhlah dalam mempelajari pengalaman 'dukkha' yang dialami oleh diri sendiri, kemudian, selaraskanlah kembali dengan pengalaman hidup dari mereka yang telah ahli dalam mencermati hidup, kepada mereka yang senantiasa menjaga dan mengembangkan perhatian benarnya, agar apa yang akan kita lakukan di kemudian hari adalah sesuatu yang benar-benar kita telah pahami baik - buruknya, (menjadi malu untuk berbuat jahat dan takut akan akibat perbuatan jahat yang kita lakukan).

Menjadi mengertilah tentang BANYAK HAL itu, agar kita pun menjadi semakin memahami alasannya - mengapa kita harus berlatih mengembangkan perhatian kita.

Semoga semua makhluk terbebas dari penderitaan dan sebab-sebab yang menjadikannya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar