Senin, 28 Desember 2009

JANGAN TAKUT MENDERITA - Berani Hidup!

by : Bhante Dip

Dalam perbincangan sore ini, saya katakan: "Dengan banyak menderita, maka kans masuk sorga lebih gede loh!"....dan teman saya pun segera menjawab: "Tidak mau ah kalau saya harus menderita". Eh, dengerin dulu dong penjelasannya...karena yang saya maksudkan ini adalah jenis penderitaan yang lain punya...................

Saudara-saudara, sebelum saya jelaskan, saya harus akui dulu tentang fenomena yang satu ini.... ternyata, cukup banyak yang mudah terbuai dengan janji-janji yang menawarkan dapat memasuki alam Sorga dengan cara cepat......pertanyaan saya: "Benarkah bisa masuk Sorga tanpa harus menderita dulu???

Saya jadi teringat dengan pengalaman salah seorang ibu bernama Bibiana - Manado.
Suatu hari dia minta ijin kepada saya: "Bhante, bolehkah saya mempelajari ajaran Maitreya?"
Tentu saja saya mengiyakan karena itu adalah hak dia...alasan dia adalah hanya ingin menambah pengetahuan.. sebulan belajar di Davao - Philipina, semua biaya ditanggung - dengan syarat: harus di chiu tao dulu.

Sekembalinya, ci Bi demikian panggilannya, mengatakan "Bhante, setelah saya berdiskusi dengan panditanya, dia mengatakan bahwa untuk bisa masuk Sorga...ya tetap saja, sekalipun sudah di chiu tao, kita tetap harus berbuat baik, tanpa itu kita tidak bisa masuk Sorga". Setelah itu, ci Bi malah jadi semakin yakin lagi dengan Ajaran Sakyamuni...dan dia pun kini menjalani kehidupan sebagai meiji, di Thailand :)

Alm. Ajahn Chah pernah mengatakan: "Ada dua jenis penderitaan....salah satunya adalah jenis penderitaan yang bisa membuat kita keluar dari penderitaan, yaitu penderitaan karena mempraktikkan Dharma..."

Ya, masukilah penderitaan jenis yang itu, karena praktik itulah yang sesungguhnya akan menghantarkan kita ke alam terbahagia....dapat merealisir Nibbana, jelasnya, kita akan menderita karena mengikuti suatu aturan benar, karena menaati disiplin dalam latihan meditasi, yang membuat kita bisa lebih mengenali tentang rangsangan nafsu indera yang menggelitik, tentang kuatnya kemelekatan, tentang itikad jahat yang menghentak, tentang perjuangan melawan kemalasan, keraguan, karena semua itulah yang merupakan PENYEBAB PENDERITAAN YANG SESUNGGUHNYA...pada saat latihan seperti itu, batin kita akan memberontak - menderita.....mengapa? karena batin kita belum terbiasa dengan aturan, dikarenakan batin kita telah lama terlena dengan berbagai kesenangan.

"Memang benar, Dharma/Ajaran Kebenaran, umumnya berisikan hal-hal yang bertentangan dan berlawanan dengan cara berpikir dan kebiasan kita"...Buddha juga mengatakan, bahwa mereka yang semakin banyak merenungi tentang penderitaan, yang merasakan penderitaan, maka merekalah yang akan semakin mengenali Dharma yang Kuajarkan.

Finally, jika batin telah terlatih dalam disiplin...menjadi mental yang sehat dan kokoh..whats next? Sorga itupun hadir, kita masuki tanpa harus meninggal dulu. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar