Senin, 28 Desember 2009

KENALI JODOH ANDA

Ini adalah tulisan untuk menanggapi pertanyaan seputar APA JODOH ITU.....semoga bermanfaat.

Bicara tentang JODOH adalah membahas pertalian (hubungan) karma 'kuat', yang pernah terjalin di kehidupan-kehidupan lampau. KARMA KUAT yang dimaksud adalah karma hitam atau karma putih yang menyimpan kesan sangat mendalam. Jadi, istilah jodoh bukan hanya berarti ‘seseorang yang jadi pendamping hidup’ saja, tetapi kebersamaan kita dengan makhluk lain, apakah dilewati dengan hari-hari yang menyenangkan atau tidak menyenangkan seperti orang tua/anak/guru/ saudara/ teman/dewa/hantu/hewan peliharaan, semuanya tidak lepas dari yang namanya jodoh/pertalian karma,...termasuk pula apa yang disebut sebagai jodoh karier/usaha, jodoh tempat, dan lain-lain….semua ada ‘sebab karma’ yang menjadikannya.

Sekarang mari kita membahas jodoh dalam arti umum yaitu ‘seseorang’ yang jadi pendamping hidup….Ada yang bertanya “Benarkah jodoh itu tidak kemana-mana?” kalau tidak kemana-mana, apa kemudian kita tidak usah mencarinya?.

Pertama kali, kenalilah dulu apa PENYEBAB suatu karma hingga bisa terjalin menjadi kuat dan terbawa dalam kelahiran kehidupan-kehidupan berikutnya. Sebabnya yaitu KARENA adanya cara pandang yang sama, kebiasaan/perilaku yang sama, dan sifat/karakter yang sama……INTINYA ada pada kemelekatan terhadap unsur-unsur duniawi yang sama!
“Apa memang ada manusia/makhluk yang mempunyai minat dan kesukaan yang sama seperti itu?” tentu saja, sehingga untuk alasan itu pulalah JODOH ITU, ADA! Keterkaitan emosi manusia itu begitu dekat…karena batin lemah maka batin seperti itu sangat mudah terpengaruh!

Selanjutnya, pertanyaan yang banyak muncul adalah…”Kenapa bisa orang tidak ketemu jodohnya? Walaupun sudah berusaha mencari/dicarikan, namun tetap saja tidak ada yang mau…selalu gagal…” Saya banyak tahu tentang kasus ini…dia cantik, baik, pintar,kaya dan kariernya sangat mapan…. tapi tetap tidak ada pria yang mau menyuntingnya. Menjawab tentang ini menurut konsep Buddhis, dikarenakan terhalang oleh kekuatan karma buruk yang begitu kuat, yang dia perbuat dan berbuah di kehidupan sekarang………..

SOLUSINYA, jika batin dia tidak terlalu mempedulikan tentang kemana dan dimana jodohnya, maka kekuatan karma buruk itu dengan sendirinya akan melemah, apalagi jika terus mengembangkan cinta kasihnya, maka kemungkinan untuk bertemu dengan jodoh yang baik, akan bisa dia dapatkan dalam kehidupan yang sekarang juga, walaupun sudah tua. Sebaliknya, jika terus meratapi kondisinya, selalu gelisah bertanya-tanya….itulah yang disebut buah karma buruk yang sangat menyedihkan.

Semoga kita tidak menderita karena ketidaktahuan!

Catatan Tambahan:
Pengertian jodoh menurut ajaran Buddha tidak diatur oleh suatu makhluk apapun! Kalaupun ada yang ikut campur, itu hanya sekadar membantu…TAPI bukan dia yang menentukan ‘siapa’ jodoh kita....DAN
JIKA KITA MENDERITA DENGAN ORANG YANG KITA SEBUT JODOH sebagai 'pemberian' DARI DIA....Saya sarankan Anda harus mengenali dulu siapa jodoh Anda itu dengan baik....artinya pula, Anda harus benar-benar mengenali watak Anda sendiri.

9 komentar:

  1. dulu di jabar thn 2001 saya tergila gila dg seorg cewe namanya Nur rumahnya timur bendungan andir ciparay bdg, saya ngejar dia sampai 2thn sampai thn 2003, sampai saya putus asa dan ingin bunuh diri tp saya ditolak habis habisan. saya nekad melamar dia saya ditolak. saya terpaksa nyari cewe lain nama nya yani, di desa paseh majalaya bdg , saya dihajar org. saya thn 2005 nyari cewe lain, di kampung saya di jawa tengah nama nya mulyati, saya dibohongi teman. saya beberapa thn berhenti nyari cewe, thn 2015 nyari cewe lagi di kampung saya, namanya izzah saya ditolak lagi. hidup kok kejam bngt. pdhl saya baik dan jujur dan suka bantu org tp nasib saya sial bngt. teman teman saya suka mabok dan ugal ugalan tp mrka mudah dapat cewe. saya sdh 12 thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah. sebelum nya thn 1997 nyari cewe dkt pabrik tempat saya kerja, namanya tety saya ditolak. thn 1998 nyari cewe, namanya siti di ciroyom saya difitnah teman, teman bilang kpd cewe saya sdh nikah di jateng, pdhl blm. nyari cewe yg sepabrik dg saya, nama nya efi saya ditolak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar Bro, Jodoh tdk usah dikejar. Mendingan pedalam diri dng agama. Kerja sekuat tenaga kumoulkan uang dulu. Jika tiba saatnya, jodoh akan ketemu sendiri tanpa dikejar.

      Hapus
    2. Krn cewek2 itu tdk berhutang karma pada anda Bro begitu juga sebaliknya, unk menjadi suami istri krn adanya ikatan karma di masa lalu antara Anda & dia. Jika Anda sudah punya istri, sayangi dia, cintai dia, perlakukan dng baik. Jgn spt suamiku yg sering banting barang2, berkata kasar.

      Hapus
  2. Yg diceritakan ini adl jodoh karma buruk & karma baik yg ditanam dlm kehidupan sebelumnya.
    Seperti saya saat ini sdg mengalami hal membayar karma ini, Suami saya jarang memberi uang belanja bahkan krg. Kalo saya minta marah2 pdhl penghasilan dia besar perbulannya. Sdh lama saya mau cerai dari dia, jujur saja suami saya bkn pilihan saya, bkn keinginan saya, saya sdh menolaknya tp mama saya bilang dia bisa berubah. Sampai skrg ini saya sakit hati melihat kelakuannya, kalo dibilangin org bebal pdhl udah tua. Tdk prnh beri saya uang unk beli baju ataupun bedak, anak sakit saya hrs bawa ke dktr tanpa uang dari suami sesen pun. Dia tdk prnh mengobati saya kalo skt. kalo diceritakan bnyk minusnya drpd plusnya.
    Stlh saya crt pada seorg ciang she di vihara : Dia mengatakan setidaknya dlm kehidupan lampau saya berhutang pd dia 80%, cuma 20% yg tdk hutang. Akhirnya dlm kehidupan skrg saya hrs menrima konsekuensinya wlpn dimarahin, dicacimaki, ataupun dilempari brg2. Saya hrs terima tanpa membencinya tp apakah hati saya bisa terima semua ini. Saya crt pd yg tdk menikah mereka menyalahkan saya, saya cerita pd punya klrg, lebih sakit lagi ucapan mereka krn mereka tdk prnh mengalami hal tsb. Akhirnya saya cerita pd mama teman saya. Dia menasehati saya, apa boleh buat semuanya sdh terjadi, sblm kamu menikah saya sdh beri peringatan kalo suamimu itu kelakuannya spt apa. Sdh bnyk org yg tau, anggap saja kamu lunasi hutangmu dlm kehidupan ini padanya, Dan berharaplah dlm kehidupan yg akan dtg tdk bertemu lagi. Skrg ini saya belajar unk melaksanakannya wlpn terasa skt & tdk terima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Mba... Sy py cerita menyedihkan... Sy menjalin hub dgn cow yg mnrt org dia gk baik..playboy suka selingkuh.. Tp sy gk oeduli dan percy akta akta manis dia.. Terkhr sy hamil.. Dia malah menuduh sy selingkuh dan anak ini bukan anak nya... Sy sll dikasarin dan dimaki murahan.. Cew lonte narkoba.. Akhr ny 6 bln sy hamil sy diplgkan gt aja tanpa tanggjwb se sen pun.. Dan bgt plg kan sy dia udh py cew baru...apa ini krn hutang sy di masa lalu ke dia .. Mengapa dia sama sekali gk py hati nurani..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Klo saya jadi sis,saya lebih baik cerai aja,capek2 jadi istri orang tapi suami gak perhatikan kita,gak kasih uang,lebih baik hidup sendiri

    BalasHapus
  5. saya juga lg belajar ikhlas dan menerima nasib...klo diceritakan sedih banget...kdng suka berpikir knp pny suami uda tahu gk cinta sm saya..malah merid sm saya(mngkin ini ikatan karma buruk saya)dia kasar,saya lg hamil pun dia tdk peduli...bs dibilang egois...klimak ny sya hampir bercerai krn dia main tangan tp berujung rujuk krn dia meminta maaf taaaaapiiiii lidah mang tak bertulang...dia bgtu lg...y sudah lah mngkin uda nasib saya...mungkin sya pny hutang karma yg blom lunas sm dia...iklhas aj

    BalasHapus