Senin, 28 Desember 2009

KENALI JODOH ANDA

Ini adalah tulisan untuk menanggapi pertanyaan seputar APA JODOH ITU.....semoga bermanfaat.

Bicara tentang JODOH adalah membahas pertalian (hubungan) karma 'kuat', yang pernah terjalin di kehidupan-kehidupan lampau. KARMA KUAT yang dimaksud adalah karma hitam atau karma putih yang menyimpan kesan sangat mendalam. Jadi, istilah jodoh bukan hanya berarti ‘seseorang yang jadi pendamping hidup’ saja, tetapi kebersamaan kita dengan makhluk lain, apakah dilewati dengan hari-hari yang menyenangkan atau tidak menyenangkan seperti orang tua/anak/guru/ saudara/ teman/dewa/hantu/hewan peliharaan, semuanya tidak lepas dari yang namanya jodoh/pertalian karma,...termasuk pula apa yang disebut sebagai jodoh karier/usaha, jodoh tempat, dan lain-lain….semua ada ‘sebab karma’ yang menjadikannya.

Sekarang mari kita membahas jodoh dalam arti umum yaitu ‘seseorang’ yang jadi pendamping hidup….Ada yang bertanya “Benarkah jodoh itu tidak kemana-mana?” kalau tidak kemana-mana, apa kemudian kita tidak usah mencarinya?.

Pertama kali, kenalilah dulu apa PENYEBAB suatu karma hingga bisa terjalin menjadi kuat dan terbawa dalam kelahiran kehidupan-kehidupan berikutnya. Sebabnya yaitu KARENA adanya cara pandang yang sama, kebiasaan/perilaku yang sama, dan sifat/karakter yang sama……INTINYA ada pada kemelekatan terhadap unsur-unsur duniawi yang sama!
“Apa memang ada manusia/makhluk yang mempunyai minat dan kesukaan yang sama seperti itu?” tentu saja, sehingga untuk alasan itu pulalah JODOH ITU, ADA! Keterkaitan emosi manusia itu begitu dekat…karena batin lemah maka batin seperti itu sangat mudah terpengaruh!

Selanjutnya, pertanyaan yang banyak muncul adalah…”Kenapa bisa orang tidak ketemu jodohnya? Walaupun sudah berusaha mencari/dicarikan, namun tetap saja tidak ada yang mau…selalu gagal…” Saya banyak tahu tentang kasus ini…dia cantik, baik, pintar,kaya dan kariernya sangat mapan…. tapi tetap tidak ada pria yang mau menyuntingnya. Menjawab tentang ini menurut konsep Buddhis, dikarenakan terhalang oleh kekuatan karma buruk yang begitu kuat, yang dia perbuat dan berbuah di kehidupan sekarang………..

SOLUSINYA, jika batin dia tidak terlalu mempedulikan tentang kemana dan dimana jodohnya, maka kekuatan karma buruk itu dengan sendirinya akan melemah, apalagi jika terus mengembangkan cinta kasihnya, maka kemungkinan untuk bertemu dengan jodoh yang baik, akan bisa dia dapatkan dalam kehidupan yang sekarang juga, walaupun sudah tua. Sebaliknya, jika terus meratapi kondisinya, selalu gelisah bertanya-tanya….itulah yang disebut buah karma buruk yang sangat menyedihkan.

Semoga kita tidak menderita karena ketidaktahuan!

Catatan Tambahan:
Pengertian jodoh menurut ajaran Buddha tidak diatur oleh suatu makhluk apapun! Kalaupun ada yang ikut campur, itu hanya sekadar membantu…TAPI bukan dia yang menentukan ‘siapa’ jodoh kita....DAN
JIKA KITA MENDERITA DENGAN ORANG YANG KITA SEBUT JODOH sebagai 'pemberian' DARI DIA....Saya sarankan Anda harus mengenali dulu siapa jodoh Anda itu dengan baik....artinya pula, Anda harus benar-benar mengenali watak Anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar