Senin, 28 Desember 2009

LEVEL KEBAHAGIAAN

by : Bhante Dip

Kemarin malam kita berdiskusi dengan kawan-kawan baru tentang 'level kebahagiaan'...dan salah seorang mengeluhkan tentang kondisi dirinya yang kurang dalam keuangan......

Tiba-tiba saya langsung teringat dengan seorang kawan lama, kawan yang sudah saya anggap sebagai saudara saya sendiri......dan cerita ini adalah obrolan yang terjadi lebih dari 15 tahun lamanya...

Setelah sekian lama pacaran, akhirnya dia didesak untuk segera menikahinya, namun sejujurnya dia belum siap, mengingat ada perasaan minder dengan cewek calon isterinya, dia tidak punya uang tabungan karena gaji yang didapat hasil dia bekerja tidaklah seberapa besar, pendidikannya pun kalah - dia hanya tamatan SMA dan calonnya adalah seorang sarjana ekonomi....dia tidak bisa mempersiapkan sebuah rumah....demikian dia berkeluh.

Saya nasihati dia: "Jangan gelisah Jim, bukan hanya karena kamu mempunyai ketampanan, tapi kamu adalah orang yang sudah sangat saya kenal, kamu mempunyai KEJUJURAN, KERENDAHHATIAN, KEDERMAWANAN, KETULUSAN, LOYALITAS, SABAR DAN SUKA MENOLONG... saya bangga mempunyai teman seperti kamu, masuki saja perkawinan itu..kelak kamu akan bahagia, menjadi orang sukses! kamu adalah orang baik, dan teruslah praktikkan Dharma agar menjadi bijaksana.......dibandingkan dengan kebijaksanaan, maka harta benda dan pengetahuan duniawi itu tidaklah seberapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar