Sabtu, 26 Desember 2009

Hubungan Abhidhamma dgn Ariya Sacca 4

Ariya Sacca 4 berarti Empat Kesunyataan Mutlak, terdiri dari :
1. Dukkha Ariyasacca :
(Kesunyataan Suci tentang Derita), yang di maksudkan Dukkha Ariyasacca dalam Abhidhamma adalah Lokiya Citta 81, Cetasika 51 (tidak termasuk Lobha Cetasika 1) dan Rupa 28

2. Dukkhasamudaya Ariyasacca :
(Kesunyataan Suci tentang Asal mula Derita), yg di maksudkan Dukkhasamudaya Ariyasacca dalam Abhidhamma adalah Lobha Cetasika

3. Dukkhanirodha Ariyasacca :
(Kesunyataan Suci tentang Akhir Derita), yang di maksudkan Dukkhanirodha Ariyasacca dalam Abhidhamma adalah Nibbana

4. Dukkhanirodhagamini-patipada Ariyasacca :
(Kesunyataan Suci tentang Jalan yg menuju ke Akhir Derita), yg di maksudkan Dukkhanirodhagamini-patipada Ariyasacca dalam Abhidhamma adalah Ariya Magga 8 yg berada dalam Magga Citta 4-20.

Penjelasan...Ariya Magga 8 (Jalan Suci Beruas Delapan) :
1. Pandangan Benar (Samma Ditthi), yg di maksud Samma Ditthi dalam Abhidhamma adalah Pannindriya cetasika (faktor batin bijaksana di dlm memandang hakekat sesungguhnya segala sesuatu).

2. Pikiran Benar (Samma Sankhapa), yg di maksud dengan Samma Sankhapa dlm Abhidhamma adalah Vitakka Cetasika (factor batin yg memiliki ciri khusus mengerahkan factor batin kpd objek).

3. Bicara Benar (Samma Vaca), yg di maksud dgn Samma Vaca dlm Abhidhamma adalah Samma Vaca Cetasika (Faktor batin yg bertanggung jawab di dalam berpantangnya batin terhadap tindakan ucapan yg salah, fitnah, kasar, sia-sia).

4. Perbuatan Benar (Samma Kammanta), yg di maksud dgn Samma Kammanta dlm Abhidhamma adalah Samma Kammanta Cetasika ( faktor batin yg bertanggung jawab di dlm berpantangnya batin terhadap tindakan jasmani yg keliru seperti membunuh, mencuri, berprilaku seksual yg salah).

5. Pencaharian Benar (Samma Ajiva), yg di maksud Samma Ajiva dlm Abhidhamma adalah Samma Ajiva Cetasika (faktor batin yg bertanggung jawab di dlm berpantangnya batin terhadap tindakan penghidupan yg salah seperti menjual senjata, makananan/minuman yg melemahkan kewaspadaan, racun, makhluk hidup).

6. Daya Upaya Benar (Samma Vayama), yg di maksud Samma Vayama dlm Abhidhamma adalah Viriya Cetasika (faktor batin yg membangkitkan semangat dan memiliki ciri khas mendukung, mengukuhkan, mempertahankan faktor-faktor batin).

7. Perhatian Benar (Samma Sati), yg di maksud Samma Sati dalam Abhidhamma adalah Sati Cetasika (perhatian terhadap objek sesuai kondisi yg sesungguhnya).

8. Konsentrasi Benar (Samma Samadhi), yg di maksud dengan Samma Samadhi dlm Abhidhamma adalah Ekaggata Cetasika (faktor batin yg mengkonsentrasikan batin terhadap satu objek).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar