Jumat, 25 Desember 2009

Kebahagiaan bagi Semua Makhluk

Richard Gere

Richard Gere, aktor pemenang Oscar dan terkenal lewat penampilannya di Pretty Woman, Runaway Bride, dan An Officer and A Gentleman, saat ini adalah seorang praktisi Buddhis yang sangat serius. Gere, bersama dengan selebritis Hollywood terkenal lainnya, seperti Harrison Ford, Goldie Hawn, dan Keanu Reeves, telah berada di barisan terdepan dalam mempromosikan Buddhisme Tibet dan budayanya kepada bangsa Barat. Berikut ini adalah ringkasan dari interviewnya dengan Rajiv Mehrotra untuk stasiun televisi India Doordarshan:

Anda sering datang ke India. Apa yang membawa Anda kemari?
Hmm.., tentunya Yang Mulia Dalai Lama. Saya telah menjadi muridnya sekitar tahun I982-83. Kadang saya pergi ke Dharamsala (pusat pemerintahan Tibet di pengasingan daerah India Utara) bisa sampai 2-3 kali setahun.

Dalam hal apa Yang Mulia Dalai Lama telah mengubah Anda?
Kebanyakan guru saya berasal dari Sekolah Buddhis Tibet Gelugpa. Di sana banyak terdapat pelatihan pikiran, permainan logika, dan pencarian akan realitas itu sendiri, yang menggunakan bahasa dan logika murni bersamaan dengan berbagai variasi teknik meditasi. Itu merupakan proses bertahap seining dengan terbiasanya pikiran dalam melihat sesuatu dengan cara yang berbeda, dan mudah-mudahan merupakan cara yang tepat. Jadi, itu merupakan serangkaian proses yang membutuhkan waktu sampai beberapa kehidupan, tetapi dalam satu kehidupan seseorang sudah bisa melihat perubahan secara bertahap. . .

Anda pernah menyebutkan bahwa Dalai Lama adalah seorang manusia yang luar biasa. Anda juga sering bersamanya sebagai seorang murid. Menurut Anda, apa peranan dan kontribusi dari seorang Dalai Lama?
Beliau adalah sosok manusia yang paling sederhana sekaligus paling kompleks yang pernah saya temui. Beliau seorang artis dan juga seorang petani. Beliau mempunyai hati dan pikiran yang luar biasa, yang sanggup membawa masing-masing dari kita memasuki level keberadaan diri kita sendiri. Beliau telah memberikan saya ajaran tentang Shantideva, maha bhikkhu India sekitar abad ke-9 di Universitas Nalada, salah satu universitas terbesar pada zaman dulu, yang melihat pesatnya perkembangan kebudayaan India.

Anda juga pernah menyebutkan bahwa menjadi seorang aktor hanyalah sebuah pekerjaan. Kepuasan apa yang Anda dapatkan dari pekerjaan sebagai seorang aktor?
Hmm.., hal yang pertama adalah fakta bahwa saya bisa menjalani kehidupan yang berlainan dalam satu kehidupan. Dalam hal ini terdapat banyak kemungkinan pengembangan diri yang tergantung bagaimana saya menyikapinya.

Richard Gere, sang aktor terkenal. Jika ketenaran Anda sebagai aktor sudah habis, kira-kira Anda akan menjadi apa? Dan apa yang akan Anda lakukan?
Saya bisa lebih banyak berlatih untuk satu hal saja. Musik telah menjadi bagian yang besar dalam hidup saya, dan banyak akting saya juga berkenaan dengan musik dan bermain alat musik. Dalam cara saya bekerja juga terdapat citarasa musik.

Jika saya adalah seorang jin pengabul permohonan dan saya mengizinkan Anda membuat 3 permohonan, apa yang akan Anda minta?
Pertama, kebahagiaan bagi semua makhluk. Kedua, kebahagiaan bagi semua makhluk. Dan ketiga, kebahagiaan yang menyebabkan kebahagiaan bagi semua makhluk. Tidak perlu dipertanyakan lagi.

Sumber: How to Develop Happiness in Daily Living
Penerbit : Bodhi Buddhist Centre Indonesia, Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar