Jumat, 25 Desember 2009

Meditasi: Membuat Ceria, Cantik & Awet Muda..!

Oleh: Sri Haryanto, Guru Meditasi dan Senam Pernapasan Anugrah Agung

Latihan meditasi secara teratur tidak hanya akan mengatasi gangguan fisik dan psikis, melainkan juga membentuk karakter yang positif dan awet muda. Bagaimana bisa?

Salah seorang tokoh mode asal Amerika Serikat bernama Clara pernah mengemukakan, "Salah satu rahasia besar dalam jangka panjang tetapi tersembunyi adalah cara untuk mempertahankan tenaga remaja dan mendatangkan cahaya serta vitalitas baru terhadap tubuh, yaitu dengan meditasi."

Meditasi membuat pikiran, jiwa, dan tingkah laku menjadi tenteram dan wajah bersinar ceria. Terutama adalah meremajakan pikiran untuk menjadikan kondisi badan terlihat lebih muda dari usianya.

Orang-orang bijak mengatakan, "Barang siapa ingin panjang umurnya dan tetap awet muda harus mengambil keuntungan dari apa yang diberikan alam kepadanya."

Secara kronologis, pertambahan tahun (usia) kondisi tua alami akan menyertai kita. Namun, hal itu tidak terjadi dalam otak apabila tubuh Anda senantiasa dalam kondisi fit dan bugar. Sebab, kondisi tersebut akan menghidupkan kembali vitalitas kelenjar dan membantu Anda untuk tetap sehat lahir batin.

Kondisi tersebut perlu untuk mempertahankan kecantikan dan tenaga buat bekerja, maju, dan optimistis dalam hidup. Dan nasihat yang paling baik adalah melakukan meditasi. Sebab, meditasi sangat menguntungkan bagi kepribadian Anda untuk cantik di dalam (inner beauty) dan juga di luar (lahiriah).

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi, menurut Gifford May dan Thomson (1994), mendatangkan perubahan psikologis yang menyangkut segi kognitif, emosional, dan perseptual.

Karakter Positif

Orang menggemari meditasi karena terjadi perubahan persepsi terhadap waktu, diri sendiri, maupun tubuh.

Perubahan kondisi efektif meliputi perasaan tenang, sabar, dan peningkatan emosi yang positif, merasa diberkati, timbulnya perasaan ceria, cintaa, dan bahagia dalam kehidupan.

Perubahan-perubahan di atas sering dikaitkan dengan adanya perubahan kesadaran, yakni adanya Altered States of Consciousness (ASC). Meditasi sangat efektif untuk mengatasi gangguan neurotik yang membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri disebabkan rasa cemas dan depresi.

Selain itu keuntungan lain seperti disebutkan oleh Van Den Berg dan Mulder di tahun 1977 bahwa meditasi menambah kekuatan ego (ego strength), kepuasan (satisfaction), aktualisasi diri (self actualization), dan percaya pada orang lain (trust in other), serta peningkatan gambaran diri (self image).

Berdasarkan berbagai penelitian, terungkap bahwa meditasi mempunyai potensi besar untuk terapi mengatasi gangguan fisik dan psikologis yang dapat memberikan perubahan tingkah laku yang positif. Misalnya kehalusan budi pekerti, ketabahan dan optimistis menghadapi hidup, kekuatan mental, mudah dan pandai bergaul, lincah, berwibawa, cerdas, piawai, dinamis, dan kreatif.

Pendek kata, kita harus membangun kekuatan mental, sebab semua kegiatan dalam kehidupan menuntut pengabdian mental dan juga tersedianya energi tubuh yang cukup. Tidak ada jalan pintas mengingat semua itu merupakan proses.

Menjalankan tahap-tahap menuju sukses, perlu tubuh yang terkondisi dengan jantung yang kuat dan paru-paru terbuka lebar. Jantung memerlukan denyut ringan selama aktivitas normal. Paru-paru yang sehat memberi jumlah oksigen yang lebih besar kepada sel-sel darah. Untuk mencapai kesehatan tubuh semacam itu Anda perlu berlatih secara teratur.

Pikiran dan hati yang telah terkondisi serta tubuh yang sehat dengan latihan-latihan meditasi akan membentuk karakter ke arah positif. Hasilnya menjadi kekuatan mental yang tangguh.@

Sumber :Kompas, Sabtu, 8 Mei 1999

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar